Kegiatan Ospek Universitas Gresik tahun 2015-2016

Ospek merupakan kegiatan awal bagi setiap  peserta didik yang menempuh jenjang perguruan tinggi. Ospek merupakan kegiatan untuk memperkenalkan kampus kepada mahasiswa baru. Kegiatan ini merupakan kegiatan institusional yang menjadi tanggung jawab Universitas untuk mensosialisasikan kehidupan di Perguruan Tinggi dan proses pembelajaran yang pelaksanaannya melibatkan unsur pimpinan universitas, fakultas, mahasiswa dan unsur-unsur lainnya yang terkait.



Ospek juga merupakan sarana untuk mencari bakat-bakat dari para calon mahasiswa yang masih tersembunyi. Selain itu, ospek juga merupakan sarana untuk saling beradaptasi agar bisa mengatur hidup mereka sendiri.

 Orientasi studi dan pengenalan kampus (Ospek) di perguruan tinggi sudah menjadi sebuah kewajiban yang harus diikuti mahasiswa baru ketika akan masuk kuliah. Banyak kabar yang menyebutkan Ospek penuh dengan aksi plonco yang dilakukan senior terhadap junior.

 Hingga sampai terdapat korban jiwa dari kalangan mahasiswa baru. Upaya untuk menekan kekerasan saat ospek belum mampu diatasi. Namun tahukan kita apa makna Ospek bagi mahasiswa. 
     
  Berikut beberapa hal yang dirangkum tentang pentingnya Ospek:
Pertama, Ospek merupakan faktor penting untuk menumbuhkan kesadaran mahasiswa baru akan tanggungjawab akademik dan sosialnya sebagaimana tertuang dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi.
Kedua, Ospek menambah wawasan mahasiswa baru dalam penggunaan sarana akademik yang tersedia di kampus secara maksimal.
Ketiga, Ospek bertujuan mempersiapkan mahasiswa agar mampu belajar di Perguruan Tinggi serta mematuhi dan melaksanakan norma-norma yang berlaku di kampus. Khususnya yang berkaitan dengan kode etik dan tata tertib mahasiswa.
Keempat, Ospek adalah sebuah objek untuk mengenalkan dan memahami lingkungan kampus sebagai suatu lingkungan akademis serta memahami mekanisme yang berlaku di dalamnya.
Kelima, Ospek menumbuhkan rasa persaudaraan kemanusiaan di kalangan civitas akademika dalam rangka menciptakan lingkungan kampus yang nyaman, tertib dan dinamis.
Dari lima hal tersebut, tentu mahasiswa baru harus memahami apa pentingnya mengikuti Ospek. Sebaliknya, senior yang melaksanakan Ospek di kampus harus mendidik mahasiswa baru dengan cara-cara yang elegan merujuk norma-norma kemanusian dan memperlakukan mahasiswa baru secara wajar.
Jadi, para senior stop ajang balas dendam kepada mahasiswa baru saat Ospek.
orientasi studi pengenalan kampus 2015-2016

Komentar